Karnaval Pesona Danau Toba 2017

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) akan kembali menyelenggarakan Karnaval Pesona Danau Toba 2017 di Balige, 26 Agustus mendatang.

Tahun ini, Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba akan mengusung konsep yang hampir sama dengan karnaval tahun lalu. Dimana, jika perayaan karnaval tahun sebelumnya dihadiri oleh Presiden Joko Widodo bersama sejumlah pejabat tinggi negara, sedangkan di tahun ini direncanakan akan hadir Menteri Pariwisata, Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, anggota DPR RI, serta utusan 7 kabupaten di Kawasan Danau Toba.

Begitupun dengan sejumlah rangkaian acara yang digelar dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2017, nampaknya tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Nantinya, agenda akan dimeriahkan dengan acara utama, seperti karnaval di jalan utama, mobil hias, cecak hias, atraksi seni budaya, seperti permainan tradisional martumba, pertunjukan uning-uningan, festival kuliner, serta pesta rakyat berupa festival musik akusitik dan pertunjukan artis ibukota maupun lokal.

Sedangkan untuk peserta karnaval yang terlibat antara lain tandok, tortor, sigale-gale, seni bela diri (mossak, karate), jalengkat, gondang, seruling, drumb band, alat musik tiup, tokoh masyarakat, sanggar seni dan juga pelajar. Karnaval ini diharapkan juga akan diikuti oleh peserta dari luar daerah, termasuk provinsi dan  kabupaten khususnya sekitar Danau Toba.

Peserta karnaval ini nantinya akan melibatkan sekitar 2.000 orang, 500 di antaranya peserta inti, sebagai manghunti tandok (menjunjung tandok), bermain trompet dan lainnya. Semuanya akan saling mendukung dan berpartisipasi untuk mensukseskan kegiatan ini.

Adapun rangkaian kegiatan karnaval di Balige ini akan melintasi kurang lebih hampir sama dengan tahun lalu, yaitu di sepanjang l3,5 km lintasan yang membentang dari Soposurung hingga Simpang Sibulele. Meskipun demikian, baik panjang lintasan hingga awal start karnaval tahun ini tidak menutup kemungkinan akan berubah. Nantinya akan disesuaikan dengan informasi lebih lanjut.

Selain mempromosikan budaya dalam rangka mendukung destinasi wisata, karnaval ini juga dimaksudkan untuk menjalin dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Karena dengan budaya yang kuat yang dimiliki bangsa akan memperkokoh persatuan bangsa Indonesia. Hal ini sudah menjadi bukti nyata dalam kehidupan bernegara di bumi nusantara sejak jaman penjajahan dahulu kala.

Tidak hanya itu, event ini juga diharapkan menjadi media promosi dan juga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar.

Jadi, tunggu apalagi, silahkan agendakan liburan Anda mulai dari sekarang untuk bisa menyaksikan kemeriahan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2017 dengan nyaman. Siapkan semuanya, mulai dari tiket transportasi (pulang pergi) hingga tempat bermalam bisa dipesan mulai saat ini juga ya! (IDR / Foto : Dok. Martin Tanubrata /@KarnavalDanauToba) (sumber: http://bit.ly/karnavdntb)

Mari kita meriahkan karnaval pesona danau toba 2017. booking hotel secepatnya biar ngga kehabisan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*