Menara Air Tirtanadi Medan

Menara air tirtanadi merupakan tempat penampungan air bersih bagi masyarakat kota medan pada zaman pemerintahan belanda. Menara ini di bangun pada tahun 1908 oleh pemerintah belanda untuk memenuhi persediaan air bersih, tetapi hanya golongan menengah keatas saja yang dapat menikmati air dari menara ini. Sementara golongan menengah kebawah hanya dapat menggunakan air melalui sumur-sumur biasa.

Menara air ini pernah menjadi landmark kota medan pada zamannya, tapi seiring pertumbuhan zaman menara ini sudah terhimpit oleh gedung-gedung di sekitarnya. Pembangunan menara air ini di buat oleh perusahaan belanda yang bernama NV. Water Leiding Maatschappij Ajer Beresih, yang berpusat di Amsterdam, Belanda.

Menara Air Tirtanadi Tempo dulu

Sekarang menara air ini telah menjadi milik pemerintah kota medan yaitu dengan dikeluarkannya Peraturan Daerah Sumatera Utara No.11 tahun 1979 dan menjadi PDAM Titanadi. Menara air ini terletak di jalur sibuk medan yaitu di persimpangan jl. sisingamangaraja 1. Menara ini telah melalui beberapa renovasi hingga seperti sekarang ini.

Dengan bangunan gaya klasik dengan tinggi 42 meter dan bobot sekitar 330 ton dan tentu saja dengan nilai sejarah yang tinggi, masyarakat kota medan dan khususnya pemerintah kota medan tentu harus melestarikan menara air ini.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*