Pulau Pandang & Pulau Salah Nama

Pulau pandang dan pulau salah nama adalah pulau yang tergabung di dalam lingkup kabupaten batu bara, sumatra utara, tepatnya di selat malaka. Pulau ini memiliki pemandangan yang sangat luar biasa, baik di darat maupun keindahan bawah lautnya yang mempesona. Di pulau ini kita dapat melakukan beberapa akttifitas seperti memancing, berenang, diving, trekking, berjemur, mercusuar dan aktifitas lainya.

Pelabuhan Tanjung Tiram

Pelabuhan Tanjung Tiram

Menuju pulau yang terletak di kecamatan tanjung tiram, kabupaten batu bara ini, sedikit memakan waktu di perjalanan untuk menuju kesana, dari medan menuju tanjung tiram memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan darat, setelah tiba di pelabuhan tanjung tiram traveler dapat menyewa boat di sekitar pelabuhan atau lebih baik menggunakan jasa travel dari medan, jika tidak ingin terlalu repot di perjalanan, karena biasanya jasa travel telah menyediakan segala sesuatu kebutuhan para traveler.

Jpeg

Pantai Kiri Pulau Pandang

Perjalanan dari pelabuhan tanjung tiram ke pulau pandan memakan waktu sekitar 2 – 2.5 jam perjalanan, pulau salah nama  ke pulau pandang sekitar 1 – 1.5 jam perjalanan, tergantung gelombang laut. Setelah sampai di pulau pandang, traveler akan di sambut tepian pantai yang airnya jernih, sehingga traveler akan tak sabar untuk segera turun dan merasakan jernihnya air laut pulau pandang. Di beberapa tepian pantai pulau pandang banyak terdapat batu-batu besar, sehingga hanya beberapa bagian saja tepian pantai yang berpasir, tetapi hal itu tetap tidak mengurangi keindahan pulau pandang, malahan menambah keunikan pulau ini sendiri.

Jpeg

Pantai Pandang Depan

Pulau salah nama juga tak kalah indah dengan pulau pandang, dengan kekayaan lautnya, membuat pulau salah nama sangat di senangi traveler sebagai area memancing. Selain itu pulau ini memiliki area pantai yang berpasir putih dan bebatuan berwarna merah yang menghiasi dinding-dinding pulau salah nama. Jika sedang berada di pulau pandang, alangkah sayangnya jika tidak singgah ke pulau salah nama, karena masing-masing pulau memiliki keindahan tersendiri yang sayang jika di lewatkan.

Banyak orang bertanya, kenapa sih pulau ini di beri nama pulau salah nama..? padahal pulau nya bagus dan menarik, begitulah celetukan beberapa pengunjung pulau salah nama ini. Dan ternyata pulau ini memiliki kisah tersendiri mengapa di sebut pulau salah nama, Menurut cerita nelayan sekitar, awalnya pulau ini di namai dengan salah satu organ vital wanita, hal itu karena bila pengunjung melihat pulau ini dari bukit yang berada di pulau ini, maka bentuk pulau ini menyerupai organ vital wanita tersebut, sehingga nelayan sekitar menamai pulau ini dengan nama organ vital wanita tersebut.

Setelah beberapa lama, pulau ini mulai banyak di kunjungi oleh wisatawan, sehingga bila wisatawan bertanya tentang pulau ini, maka nelayan tersebut bingung untuk mengatakannya, Sehingga dengan spontan nelayan setempat menamai pulau ini dengan nama pulau salah nama, mereka menyebut nama itu karena mereka sadar, bahwa nama pulau ini sebelumnya tidak elok untuk di ucapkan, lantas mereka menyebutkan pulau salah nama dan terciptalah pulau salah nama. Begitulah sepenggal cerita unik asal usul tentang pulau salah nama. Bagi yang penasaran dengan pulau ini, silahkan membuktikannya dengan mengunjungi pulau ini.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*