Gedung London Sumatra

Gedung London Sumatra Sekarang

Gedung London Sumatra Sekarang

Gedung london sumatra di bangun pada abad ke 19, gedung ini selesai di bangun pada tahun 1909, bertepatan dengan lahirnya ratu juliana. Pemilik gedung ini adalah perusahaan perkebunan karet dari inggris yaitu Harrison & Crosfield. Perusahaan ini di dirikan oleh Daniel harrison, smith harrison dan joseph crosfield. Ketika harga karet melonjak , perusahaan ini kemudian tertarik untuk melakukan investasi di bidang usaha perkebunan karet, mereka mengoprasikan perkebunan di beberapa negara seperti di sumatra, malaysia, srilangka dan beberapa negara asia lainnya.

Gedung London Sumatra Tempo Dulu

Gedung London Sumatra Tempo Dulu

Perkebunan di sumatra kemudian berkembang sejak di berlakukannya ekonomi liberal oleh pemerintah belanda. Untuk membuka banyak perkebunan kemudian pemerintah belanda mengundang investor untuk bekerja sama dengan sistem konsesi yang tentunya hal ini akan menguntungkan pemerintah belanda pada saat itu. Karena prospek perkebunan di sumatra begitu bagus maka perusahaan H&C ini merambah usaha perkebunan lainya, yaitu kelapa sawit, teh, kopi dan cokelat. Perkebunan H&C ini tersebar di beberapa daerah sumatra.

Perusahaan perkebunan ini kemudian ber investasi di bidang kayu di daerah kalimantan dan bekerja sama dengan perusahaan British North Borneo Co. Setelah usaha pembalakan kayu tidak lagi menjanjikan, perusahaan ini kemudian berinvestasi ke perkebunan kelapa sawit di kalimantan dan kemudian membeli tiga perkebunan besar yang beroperasi di malaysia.

Pada tahun 1982, perusahaan H&C menjual  sahamnya ke sime darby dan pada tahun 1994 menjual semua aset perkebunan milik mereka kepada london sumatra plantation ltd. Atau PT. London Sumatra, dan akhirnya gedung ini menjadi kantor PT. London Sumatra sampai saat ini. (dari berbagai sumber).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*