Tjong A Fie Mansion

Majoor Tjong A Fie

Majoor Tjong A Fie

Tjong a fie mansion adalah rumah seorang pengusaha kaya raya pada tempo dulu, namanya adalah tjong a fie seorang tokoh tionghoa medan yang sangat berpengaruh di masa kejayaannya.  Tjong A Fie berasal dari sungkow, mexian, guangdong, republik tiongkok,lahir pada tahun 1860. Berasal dari keluarga sederhana yang membuka toko di daerah asalnya.

Tjong A Fie merantau ke medan untuk mengadu nasib dan bertemu kakaknya Tjong Yong Hian, yang sudah terlebih dahulu datang ke Medan dan tinggal selama 5 tahun. Kakaknya pada saat itu telah menjadi pemimpin suku tionghoa. Tjong A Fie di kenal sangat pandai bergaul dan ia kemudian belajar bahasa melayu, sehingga ia kadang menjadi perantara antara suku tionghoa dan suku melayu.

Tjong A Fie adalah sosok teladan bagi banyak orang, sehingga dia sering menjadi penengah jika terjadi cekcok antara suku tionghoa dan suku lainya. Dengan jiwa kepemimpinannya Tjong A fie sering diminta untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi antara buruh di perkebunan. kemudian dia diangkat menjadi letnan tionghoa atas keberhasilannya tersebut.

Silsilah keluarga Tjong A Fie

Silsilah keluarga Tjong A Fie

Dalam waktu singkat Tjong A Fie kemudian menjadi kapitan tionghoa untuk menggantikan kakaknya Tjong Hong Hian yang telah wafat terlebih dahulu. Tjong A Fie memiliki hubungan baik dengan sultan yang berkuasa pada saat itu, yaitu sultan deli Makmoen Al Rasjid Perkasa Alamsyah dan Tuanku Raja Muda, sehingga menjadi jalan baginya untuk membuka usaha.

Tjong A Fie menjadi orang Tionghoa pertama yang memiliki perkebunan yang sangat luas. Dalam mengembangkan bisnisnya ia selalu mengamalkan kejujuran, setia dan bersatu, sehingga ia selalu membagikan sebahagian keuntungannya pada para pekerjanya.

Tjong A Fie tutup usia pada tanggal 4 Februari 1921 karena menderita  pendarahan otak. Seluruh masyarakat kota Medan turut berduka, ribuan orang pelayat datang dari berbagai kota. Prosesi Pemakaman Tjong A Fie berlangsung dengan megah sesuai dengan tradisi dan jabatannya.

Para pelayat Tjong A Fie, Terlihat seluruh warga kota dan luar kota tumpah ke jalan untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Majoor Tjong A Fie

Para pelayat Tjong A Fie tanggal 4 februari 1921, Terlihat seluruh warga kota medan dan luar kota tumpah ke jalan untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Majoor Tjong A Fie

tjong-a-fie-pemakaman-1

Para Pelayat Tjong A Fie

Pelayat Tjong A Fie

Pelayat Tjong A Fie

Tjong A Fie mewasiatkan sebahagian kekayaannya di Sumatera maupun di luar Sumatera kepada Yayasan Toen Moek Tong yang harus didirikan di Medan dan Sungkow pada saat ia meninggal dunia. Tjong juga berpesan agar yayasan membantu mereka yang tidak mampu bekerja dengan baik karena cacat serta membantu para korban bencana alam tanpa memandang kebangsaan atau etnis.

Tjong A Fie mansion sekarang

Tjong A Fie mansion sekarang

Rumah Tjong A Fie Dulu

Rumah Tjong A Fie Dulu

Tjong A Fie mansion tempo dulu

Begitulah sejarah singkat tentang Tjong A Fie seorang pengusaha tionghoa yang kaya raya, namun sangat dermawan di jaman nya. Beberapa jasanya adalah dia memberikan menara lonceng untuk  Gedung Balai Kota Medan yang lama, pembangunan Istana Maimoon, Gereja Uskup Agung Sugiopranoto, Kuil Buddha di Brayan, kuil Hindu untuk warga India, Batavia Bank, Deli Bank, Jembatan Kebajikan di Jalan Zainul Arifin serta mendirikan rumah sakit Tionghoa pertama di Medan bernama Tjie On Jie Jan. Ia dikenal pula sebagai pelopor industri perkebunan dan transportasi kereta api pertama di Sumatera Utara, yakni Deli Spoorweg Maatschappij, yang menghubungkan kota Medan dengan pelabuhan Belawan.

gerbang tjong a fie mansion

gerbang tjong a fie mansion

Tjong A Fie mansion depan

Tjong A Fie mansion depan

Sebagai seseorang yang dermawan Tjong A Fie sangat di senangi semua orang, dia sangat dekat dengan orang pribumi dan tionghoa. Ia sangat menghormati warga muslim dan ikut berperan serta dalam pembangunan mesjid raya al-mashum dan mesjid gang bengkok.

Karena sifatnya yang dermawan dan toleran tanpa membeda-bedakan bangsa, ras, agama dan asal-usul, Tjong A Fie senantiasa dikenang oleh warga Medan dan sekitarnya. Bangunan kediaman Tjong A Fie ini berada di jln. ahmad yani, kesawan, medan. Rumah ini di buka untuk umum pada tanggal 18 juni 2009 untuk memperingati ulang tahun Tjong A Fie yang ke 150 tahun. Jika anda sedang di medan, anda wajib mengunjungi tempat ini, karena di sini anda akan terbawa ke masa lalu, dan membayangkan bagaimana suasana riuh di rumah itu.

Rumah yang bergaya arsitektur melayu, tionghoa dan eropa ini, masih meyimpan foto foto masa lalu dan perabotan perabotan yang di pakai Tjong A Fie beserta keluarganya. Piring piring yang tertata rapi, seakan akan seluruh keluarga ini masih dalam keadaan hidup.

Penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut Tjong A Fie mansion ini? silahkan datang langsung dan rasakan suasana kehidupan masa lalu.

Alamat Tjong A Fie mansion / Rumah Tjong A Fie :

Jalan Ahmad Yani no. 97-99, Kesawan, Medan, Sumatra Utara.

(sumber : dari berbagai sumber).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*